LPBINU Kabupaten Pasuruan Gelar Sarasehan Mitigasi Bencana Gempa Megathrust

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Kraton, NU Pasuruan

Momentum Hari Santri 2024, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Pasuruan menggelar Sarasehan Mitigasi Bencana Gempa Megathrust di Aula Kantor BPBD Kabupaten Pasuruan, Kamis (17/10/2024).

Ketua PC LPBINU Kabupaten Pasuruan Sugeng Hariyadi mengatakan, tujuan dari kegiatan untuk mengurangi tingkat kerentanan yang tinggi di banyak daerah di Indonesia yang berada di dekat zona subduksi yang rentan terhadap gempa megathrust.

“Penduduk di daerah pesisir dan perkotaan besar, khususnya di Jawa Timur, Kabupaten Pasuruan berada pada risiko tinggi jika gempa megathrust terjadi. Tanpa pengetahuan yang memadai, masyarakat tersebut berpotensi menjadi korban bencana dengan jumlah yang signifikan,” ujarnya.

Baca Juga :   LPBI NU dan Sahabat Banser Tanggap Bencana Rejoso Aktif Tingkatkan Kapasitas Mitigasi

Ketua BPBD Kabupaten Pasuruan tersebut juga mengatakan, salah satu cara untuk mengurangi korban jiwa. Sosialisasi mitigasi gempa dapat mengurangi jumlah korban jiwa dengan memberikan panduan yang tepat kepada masyarakat.

“Misalnya masyarakat diajarkan tentang cara evakuasi yang benar, titik-titik aman saat terjadi gempa, serta tanda-tanda tsunami yang sering mengikuti gempa megathrust,” tambahnya.

Wakil Ketua LPBINU Kabupaten Pasuruan Aris Felani mengatakan, salah satu daerah rawan bencana diantaranya adalah Kecamatan Nguling dan Kecamatan Lekok maka dari itu seluruh kepala desa Kecamatan Lekok dan Nguling di undang sekaligus MWCNU.

“Tentu dengan sinergi antara pemerintah dan NU kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” terangnya.

Baca Juga :   Gerak Cepat, Relawan LPBINU Pasuruan Bantu Evakuasi Pohon Tumbang

Acara tersebut dihadiri oleh ketua PCNU Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamkkin.


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca