LPPNU Pasuruan Lakukan Kerjasama Bersama Petani Lumbang

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Lumbang, NU Pasuruan

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Pasuruan menggelar turba pertanian di  MWCNU Lumbang.

Ketua PC LPPNU Kabupaten Pasuruan Syamsul Ma’arif menyampaikan tujuan dari turba ini adalah untuk menjalin kerjasama antara PC LPPNU dengan masyarakat yang berprofesi sebagai petani untuk mencari solusi atas masalah-masalah pertanian yang di hadapi petani saat ini, khusunya masalah pupuk yang mahal dan sulit didapatkan petani.

“Salah satu  para petani khususnya dalam hal masalah pertanian yang ada di daerah Kecamatan Lumbang,” ujarnya kepada NU Pasuruan, Rabu (22/05/2024).

Menurutnya fokus LPPNU saat ini adalah mendorong petani lokal untuk terus berinovasi khususnya dalam pengelolaan lahan pertanian yang menanam padi di daerah pegunungan.

“LPPNU mengajak masyarakat untuk melakukan inovasi agar tetap bisa bertani dan tidak rugi dalam mengelola lahan pertaniannya,” paparnya.

Baca Juga :   Melihat Panen Padi Organik LPPNU Kabupaten Pasuruan

Lebih lanjut Samsul sapaan akrabnya mengatakan, LPPNU Kabupaten Pasuruan sudah mandiri pupuk dan tidak bergantungan pada pupuk urea. “Meskipun pupuk mahal kami tidak bingung karena  kita sudah memiliki pupuk organik yang kami produksi sendiri,” tambahnya

Hanya saja pupuk produksi dari LPPNU belum banyak diketahui di kalangan petani, jadi pertemuan ini adalah sekaligus ajang sosialisasi program LPPNU sekaligus pengenalan produk produk LPPNU kepada petani di Pasuruan.

“Melalui turba kami akan mengenalkan inovasi kami yaitu pupuk hayati organik kepada masyarakat yang selama ini di resahkan oleh para petani,” imbuhnya.

Selain itu dalam turba ini juga disampaikan

bahwasanya efek penggunaan bahan kimia dalam pertanian bisa menyebabkan unsur tanah  perlahan menjadi kurang subur karena residu kimia dalam kurun waktu yang lama.

” Alhamdulillah salah satu kelebihan dari pupuk LPPNU adalah bekerja memperbaiki unsur tanah,” tendasnya.

Baca Juga :   Ada Peluang Ekspor Talas Beneng, LPPNU Pasuruan Gelar Studi Riset

Bagi  warga NU jika ingin mencoba ataupun belajar bertani tanpa kimia LPPNU dengan senang hati siap membantu dan mendampingi sampai petani benar-benar mandiri pupuk.

“Kami akan mendampingi para petani yang ingin belajar siapapun itu dan kapanpun itu,” tutupnya.

Penulis Mokh Faisol


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca