Gerak Batin 1 Abad NU, Ribuan Alumni Baca Istighotsah Ijazah Masyayikh Sidogiri

0

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Sidogiri, NU Pasuruan
Pengurus Pusat (PP) Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) menggelar “Gerak Batin Sidogiri untuk Satu Abad Nahdlatul Ulama” di Gedung IASS, Jln Tambakrejo-Sidogiri, Desa Sungiwetan, Kecamatan Pohjentrek, Sabtu (4/2/2023).

Gerak batin juga diinstruksikan kepada Pengurus Wilayah se Indonesia dan di beberapa Negara seperti PW IASS Malaysia, Yaman, Mesir, dan Arab Saudi. Lokasi gerak batin dilakukan di lokasi PW setempat.

M Fahrurrozi menyebutkan, gerak batin di wilayah pasuruan diikuti lebih dari 2500 alumni dan Sidogirian (Pecinta dan simpatisan Pondok Pesantren Sidogiri).

“Kapasitas gedung untuk 2500 orang. Jamaah gerak batin sampai meluber ke halaman hingga jalan raya,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Jumat (10/2/2022).

Dirinya juga menyampaikan, “Gerak Batin untuk Satu Abad NU” dilakukan dengan membaca Istighotsah ijazah dari Almaghfurlah KH Hasani Nawawi dan KH Abdul Alim bin Abdul Jalil, Masyayikh Sidogiri.

Baca Juga :   Semarak 1 Abad NU di Ranting Toyaning, Khotmil Qur'an Hingga Munajat Cinta

“Kali ini bacaan istighotsahnya berbeda. Hakikatnya sama. Sama-sama taqorrub dan memohon kepada Allah SWT,” tandas ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pasuruan itu.

Dimulai bertawassul dan surat al-Fatihah untuk Masyayikh Sidogiri dan Muassis Nahdlatul Ulama. Kemudian membaca kalimat istirja’ atau rarji 11 kali.

Selanjutnya membaca Surat Yasin, Ad-Dukhon, Ar-Rohman, al-Waqiah, al-Mulk dan al-Kahfi. Membaca doa ijazah KH Hasani Nawawi. Membaca Surat Ikhlas 11 kali dan ditutup dengan Doa Surat Al-Ikhlas.

Senada dengan itu, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamakkin, menyampaikan dawuh KH Anwar Iskandar, bahwa kekuatan NU bersumber dari kekuatan yang diberikan oleh Allah SWT.

Baca Juga :   Satgas Pencegahan Covid-19 PCNU Kab. Pasuruan, Pemerintah, & Jasa Marga Bersama-sama Desinfeksi Semua Exit Tol

“Kekuatan, idzin Allah, dilalui dengan menjalankan syari’at Allah dan taqorrub kepada Allah. Salah satu taqorrub adalah Gerak Batin atau istighotsah seperti malam ini,” tandasnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu.

Penulis: Makhfud Syawaludin


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca