Hendak Melawan Radikalisasi, Matan Universitas Yudharta Pasuruan Gelar Kelas Literasi

0

Follow Channel WhatsApp NU Pasuruan untuk mendapatkan update terbaru seputar NU di Kabupaten Pasuruan.

Klik Disini dan Follow.

Purwosari, NU Kabupaten Pasuruan

Pengurus Komisariat (PK) Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (MATAN) Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) menggelar Kelas Literasi Matan, Sabtu (13/3/2021). Kegiatan yang bertempat di Kantor Pengurus Cabang MATAN, Desa Kembang Kuning Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, dihadiri oleh calon penggerak literasi organisasi kemahasiswaan tersebut.

Menurut M. Fauzi Hidayatulloh, selaku Koordinator MATAN Menulis, bahwa kegiatan Gerakan Literasi Matan, yang selanjutnya disebut Gelita, adalah untuk mewadahi dan mengasah intelektual serta soft skill bidang menulis matan agar lebih progesif.

“Selanjutnya, agar terbentuk kader matan yang berbudi luhur bertaqwa dan siap memerangi radikalisasi dari melalui tulisan,” pungkas mahasiswa asal Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan tersebut.

Baca Juga :   Hingga ke Pulau Buru Maluku, Pesantren Al-Yasini Pasuruan Kirim Guru Tugas

Sementara itu, Makhfud Syawaludin, selaku pemateri, selain menjelaskan bahwa gerakan literasi diawali dengan banyak membaca, juga menegaskan bahwa kemampuan menulis secara teknis adalah keterampilan, sehingga semakin banyak menulis, akan semakin bagus tulisannya.

“Saya mengutip pesan KH. Ahmad Tohari, sastrawan NU, bahwa menulis adalah sebuah proses yang ada awalnya namun tidak ada akhirnya. Tambahan dari saya, itu kalau kita juga banyak membaca. Kalau tidak banyak membaca, pasti dengan sendirinya akan berhenti menulis,” ujar Pria yang juga menjadi Kontributor NU Online Jawa Timur tersebut.

“Ada 5600 website radikal, sebagai pengurus matan, harus memberikan narasi alternatif, sekaligus membantu website keislaman yang moderat, seperti nu.or.id, arrahim.id, alif.id, islami.co, dan lain-lain,” pungkas Pimpinan Redaksi www.nupasuruan.or.id tersebut.

Baca Juga :   Sowan NU Pasuruan, Kapolres Diminta Serius Memberantas Narkoba

Kontributor: Dita Febrianti

Editor: Nuryanto


Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2024 | CoverNews by AF themes.

Eksplorasi konten lain dari PCNU Kab. Pasuruan

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca