KH Ma’shum Hasyim Jelaskan Makna Tiga Huruf Lambang NU

Kraton, NU Pasuruan

Lambang Nahdlatul Ulama terdiri dari susunan gambar bola dunia yang dilingkari tali tersimpul, dikitari oleh sembilan bintang, dengan tulisan Nahdlatul Ulama dalam huruf Arab yang melintang dari sebelah kanan bola dunia ke sebelah kiri.

Dalam acara Haul KH Abdurahman Syakur di Halaman pondok setempat, Ahad (3/12/2023). Pejabat (PJ) Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan KH Ma’shum Hasyim menjelaskan makna huruf Nun (ن), Ha’ (ها) dan dlad (ض) yang digunakan sebagai logo NU.

“Makna dari huruf nun yakni keindahan seperti halnya yang jelaskan dikitab mauid di’ba,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan huruf nun pada logo NU bisa bermakna cahaya kenikmatan bagi orang yang ada di NU dan mencintai NU. “NU bisa menjadi nikmat bagi orang yang mencintainya,” tendasnya.

Menurutnya Alisnya Rosulallah Saw berbentuk nun sampai banayak orang yang ingin meniru alisnya sehingga alisnya dicukur agar terbentuk nun.

“Sangking indahnya banyak orang khusunya orang perempuan yang mencukur alisnya agar berbentuk nun,” ujarnya.

Sedangkan menurut Kiai Ma’sum makna ha’ yang terdapat di logo berarti cahaya yang memberikan petunjuk kepada orang yang manteb apalagi berkhidmah di NU. Jika kalian masih ragu dengan amal kalian jadilah khodam di NU sebagaimana yang lakukan oleh alm KH Abdurahman Syakur.

“NU adalah hidayah yang diberikan Allah yang di dirikan oleh Hadrotsyeh KH Hasim Asyari dan Syaikhona Kholil,” ujarnya.

Sementara dada yang unik dari gambar susunan huruf di lambang NU. Huruf dlad (ض) yang ditulis memanjang melintasi bola dunia adalah isyarat bahwa NU harus memberi warna pada kepentingan dunia ata akhirat.

“Huruf ini juga unik. Rasulullah pernah bersabda ‘anâ afshahu man nathaqa bidl-dlâd’ (aku adalah orang yang paling fasih mengucapkan huruf dlad),” katanya.

Didalam NU ada lembaga bisa menaiungi kelebihan warga nahdiyin bisa pencak silat ada Pagarnusa, pinter terbangan ada ISHARI, pinter ngarangkitab ada LTNNU appaun keahlinnya di NU Ada.

“Kurang lebih ada 13 lembaga di NU Pasuruan semuanya ada tinggal pilih kalian ahli di bidang yang mana,” tutupnya.

Penulis : Mokh Faisol