Sakoma NU Pasuruan Tanaman Nilai Aswaja Melalui Ma’arif NU Camp

Winongan NU Pasuruan

Pimpinan Cabang (PC) Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Sakoma) Kabupaten Pasuruan mengelar Ma’arif NU Cham di Pemandian Alam Banyubiru, Kecamatan Winongan Jum’at -Ahad (24-26/11/2023).

Ketua PC Sakoma Kabupaten Pasuruan Muhammad Kurdi mengatakan, peserta adalah pelajar sekolah dan madrasah yang dinaungi oleh LP Ma’arif NU Kabupaten Pasuruan. Pada pertemuan itu ratusan peserta akan dididik, dilatih dan diarahkan menjadi pribadi yang unggul berlandaskan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jamaa’ah.

“Ma’arif Camp direspon positif oleh madrasah dan sekolah-sekolah NU yang ada di kecamatan mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan Madrasah Aliyah (MA),” ujarnya.

Sementara Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Pasuruan Ahmad Farid mengatakan, kegiatan Ma’arif camp semata untuk meguatkan akidah islam yang dikembangkan Nahdlatul Ulama yakni Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.

“Kami akan menyiapkan dan mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki pemahaman dan kapasitas keagamaan,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, di dalam Ma’arif Camp terdapat lomba ketangkasan kepramukaan juga ada lomba-lomba tradisi amaliyah Aswaja, seperti lomba menjadi imam tahlil dan lain sebagainya.

“Pada malam hari dan pagi hari kegiatan istighotsah bersama serta pembacaan sholawat maulid barzanji hal itu guna membentuk karakter Aswaja,” ujarnya.

Disisi lain peserta Maarif Camp Tolib mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan karena didalamnya kita di terdapat lomba lomba yang menarik dan seru tanpa menghilangkan kegiatan amaliahnya NU khusunya.

“Dipagi hari kami berlomba lomba dan bersenang-senang di malam hari kita ngaji bersama,” ujarnya.

Dirinya berharap Mudahan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dirumah bukan hanya Ma’arif NU Camp dan dapat kami lakukan secara istiqamah.

” Semoga kegiatan ini terus dilakukan setiap tahun agar kita bisa menjalin hubungan dengan teman-teman baru di luar sana,” tutupnya.

Penulis : Mokh Faisol