Winongan, NU Pasuruan

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PCNU Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamkkin mengatakan, ikutilah ajaran yang diajarkan oleh para guru-guru kita karena mereka adalah perantara kita membimbing menuju jalan yang diridhoi oleh Allah.

“Saat ini banyak orang yang menyalahkan ajaran para guru-guru kita khususnya para ulama yang sanadnya sudah jelas sampai Rosulallah SAW,” ujarnya saat mengisi Aswaja dalam acara Ma’arif NU Camp Pasuruan di Pemandian Alam Banyubiru, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan Jum’at – Ahad (24- 26/11/2023).

Gus Ipong sapaan akrabnya mengatakan, jika kalian ditanya oleh orang orang mengapa kamu mengikuti para ulama dan kiai bukan mengikuti Al Qur’an dan Hadits maka jawablah dengan tegas mereka adalah perantara kami untuk memahami Al Qur’an dan Hadits.

“Logikanya kita tidak mungkin melihat Rosulallah Saw sholat maka perlu perantara yakni para sahabat, tabbin tabbin dan ulama,” ujarnya.

Oleh karena itu yakinlah bahwasanya ibadah yang kita lakukan merupakan Ibadah yang dilakukan oleh Rosulallah Saw sebagai mana yang diajarkan oleh para guru guru kita dan para ulama.

“Ahlussunnah Wal Jamaa’ah merupakan kelompok yang mempertahankan ajaran ajaran Rosulallah Saw melalui perantara para sahabat, tabiin tabiin dan para ulama,” ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Besuk tersebut mengatakan, perantara tersebut dikenal dengan nama sanad oleh karena itu dalam belajar agama sanad keilmuan guru begitu penting.

” Dalam mengemban atau mempelajari ilmu agama hal yang harus diperhatikan adalah sanad jadi adik adik sekalian tidak perlu ragu untuk mengamalkan amliah amaliah NU karena sanadnya sudah jelas,” tutupnya.

Penulis : Mokh Faisol