Jaga Tradisi, MI Al Maarif 2 Palang Sukorejo Gelar Gebyar Rojabiyah

Sukorejo, NU Pasuruan
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Maarif 02, Dusun Palang, Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo menggelar Gebyar Rojabiyah 1444 Hijriyah, Sabtu (25/2/2023).

Kepala MI Al Maarif 02 Palang, Eko Wihanto menyebutkan, tujuan kegiatan untuk melestarikan nilai-nilai dan tradisi Islam pada Bulan Rajab.

“Madrasah Al Maarif 02 Palang selalu menjaga nilai nilai budaya Islam kepada anak-anak generasi milenial. Salah satunya dengan mengadakan Gebyar Rojabiyah,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Rabu (1/3/2023).

Sementara itu, Ketua Panitia H Moh Soleh menjelaskan, bentuk kegiatan Gebyar Rojabiyah. Yakni Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-kanak (TK) se Kecamatan Sukorejo, Panggung Budaya Siswa, dan Bazar oleh Paguyuban orang tua wali murid.

“Alhamdulillah. Masyarakat sekitar juga sangat antusias untuk ikut mensemarakkan kegiatan. Terima kasih,” tandasnya.

Untuk diketahui, Bulan Rajab menjadi salah satu bulan mulia di dalam Islam. Di Bulan Rajab terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah umat Islam.

Seperti Sayyidah Aminah binti Wahb yang mulai mengandung janin Rasulullah. Kemudian pada 27 Rajab, terjadi peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Salah satu mukjizat terbesar yang Allah anugerahkan kepada baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Selanjutnya pada 16 Rajab 1344 H, yang bertepatan dengan 31 Januari 1926, para ulama di Nusantara berkumpul di Surabaya untuk menyepakati lahirnya jam’iyah Nahdlatul Ulama.

Sebuah organisasi sosial dan keagamaan yang salah satu tujuan utamanya adalah memperjuangkan aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah, sistem bermazhab dalam beragama, dan terbebasnya masyarakat dari penjajahan.

Penulis: Abd Majid

Editor: Makhfud Syawaludin