Fasilitator Program YESS: Materi Motivasi Bisnis dari ITSNU Pasuruan Mudah dan Menarik

Kraton, NU Pasuruan
Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) di Pasuruan melibatkan Dosen Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) setempat sebagai pemateri pelatihan.

Fasilitator Program YESS di Kecamatan Kraton, Wahyu Kurniawan, menyatakan bahwa materi yang disampaikan oleh Dosen ITSNU sangat menarik, tidak membosankan, dan mudah dimengerti oleh peserta pelatihan.

“Komunikasi dua arah yang dilakukan pemateri pun cukup efektif. Ada ice breaking dan pemateri mampu memotivasi peserta pelatihan agar minat dalam mengembangkan usaha dibidang pertanian dan peternakan,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Ahad (18/09/2022).

Baca Juga :   Wisuda Perdana STAI Al-Yasini Sukses Luluskan 117 Sarjana Pintar Baca Kitab Kuning

Sementara itu, Firda Hariyanti, salah satu pembicara kegiatan Jalur Motivasi Bisnis tahun 2022 Program YESS, membagikan sepuluh langkah dalam membangun sebuah bisnis.

Lima langkah yang pertama berkaitan dengan cara mencari dan menemukan ide bisnis. Dimulai dengan menciptakan situasi dan kondisi yang nyaman dan rileks. Bisa juga dengan melakukan hal-hal yang disukai seperti hobi.

Kemudian membangun relasi untuk belajar berbagai pengalaman orang lain. Terakhir, melakukan riset terkait trend bisnis di masyarakat dan riset di media sosial.

Sedangkan lima langkah selanjutnya, satu langkah berkaitan dengan cara untuk menguji sebuah ide bisnis. Yakni dengan menggunakan analisis SWOT. Yakni Strenght (Kekuatan), Weekness (Kelemahan), Oppurtunity (Peluang), dan Treat (Ancaman).

Baca Juga :   Mahasiswa ITSNU Pasuruan Ubah Limbah Kerang Jadi Pupuk Organik

Adapun empat langkah terkahir berkaitan dengan cara memasarkan bisnis yang dirintis. Yakni dengan mengoptimalkan Empat P (Promotion, Product, Place, and Price).

“Produk harus berkualitas, bervariasi, dan kemasannya bagus. Untuk Price dengan memberi diskon serta menfasilitasi pembayaran yang bervariasi dan terjangkau,” tandasnya.

Untuk diketahui, terlibat juga sebagai pemateri di Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dosen Universitas Yudharta Pasuruan dan Universitas Merdeka Pasuruan.

Penulis: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.