Terus Berinovasi untuk Madrasah, PC LP Maarif NU Pasuruan Luncurkan ASIK NU

Pohjentrek, NU Pasuruan
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (LP Maarif NU) Kabupaten Pasuruan sukses melaunching Aplikasi Sistem Informasi Kemaarifan NU (ASIK NU), Sabtu (03/09/2022) kemarin.

Kegiatan itu dipusatkan di Aula KH Achmad Djufri, Graha Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Desa Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek.

Ketua PC LP Maarif NU, Akhmad Farid menyampaikan, ASIK NU merupakan aplikasi pendataan satuan pendidikan di lingkungan Maarif NU Kabupaten Pasuruan yang merekam data yayasan, guru, tenaga kependidikan, siswa, dan sarana prasarana.

Baca Juga :   Kenalkan Tradisi NU, MTs Miftahul Huda Tejowangi Gelar Pesantren Ramadhan

“Sangat bermanfaat bagi sekolah, madrasah, dan pengembangan pendidikan di Pasuruan,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Senin (05/09/2022).

Lebih lanjut, Ia menyebutkan manfaat kemudahan dari ASIK NU. Sehingga, laporan, pengajuan surat keputusan, serta urusan administrasi Sekolah dan Madrasah dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

“Eksistensi sekolah/madrasah dapat terpantau secara akurat oleh PC LP Maarif NU. Sehingga dapat dilakukan intervensi yang dibutuhkan dalam mengembangkan pendidikan,” tuturnya.

Pak Farid, sapaan akrabnya, juga menjelaskan terkait dua jenis legalitas dari satuan masing-masing lembaga pendidikan di bawah naungan PC LP Maarif NU Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   SMA Maarif NU Pandaan Sumbangkan APD dan Masker Karya Siswa

“Pertama satuan pendidikan yang legalitas penyelenggaraannya memakai badan hukum perkumpulan NU (BHPNU). Kedua satuan pendidikan yang legalitas penyelenggaraannya memakai yayasan sendiri,” tandasnya.

Atas inovasi itu, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, H Ahmad Taufiq, mendukung dan memotivasi agar seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan LP Maarif NU untuk mengoptimalkan ASIK NU.

Untuk diketahui, dalam launching itu juga dilakukan kegiatan ‘Bimbingan Teknis (Bimtek)’ bagi operator ASIK NU dari utusan sekolah dan madrasah.

Penulis: M Faisol

Editor: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.