Dilantik, Muslimat NU Pasuruan Diminta Menjalankan Tiga Amanah

Pohjentrek, NU Pasuruan
Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pasuruan masa khidmad 2022-2027 resmi dilantik. Kegiatan dipusatkan di aula KH Ahmad Djufri Graha Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Jumat (27/05/2022).

Kepengurusan periode ini diharapkan bisa menyampaikan tiga amanah yakni insan ila robbi, insan ila insan dan insan ila nafsi.

Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat Nahdlatul Ulama Jawa Timur Nyai Hj Masruroh Wahid mengatakan, insan ila Robbi yakni berbondong bondong masuk dalam Nahdlatul Ulama dengan kecintaan, kasih sayang, rukun, bersatu, dan dengan ikatan jiwa dan raga. bukan hanya sekedar saling kumpul antar individu, tetapi kumpul dalam jam’iyah.

“Sekuat apapun seseorang tidak akan bisa berjalan sendiri-sendiri oleh karena itu diperlukan sinergis dan kolaborasi Badan Otonom (Banom) NU atau pemerintah daerah, sehingga bisa mewujudkan masyarakat makmur yang diridhoi oleh Allah SWT,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Nyai Masruroh menjelaskan, salah satu tokoh yang amanah insan ila insan adalah Kholifah Umar bin Khattab. Menurutnya pada saat ia menjabat sebagai presiden mengenakan baju yang banyak tambalanya karena tidak ingin menghabiskan seluruh nikmatnya di dunia.

“Karena saya menjadi presiden saya semakin menjadi sufi. Maka jangan habiskan jatah kenikmatan dunia agar bisa menikmati jatah akhirat,” ujarnya.

Adapun yang terakhir adalah amanah insan ila nafsi artinya muslimat harus mampu mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) karena saat ini kecepatan teknologi mencapai 5G dan mampu menghubungkan ribuan pengguna internet, tentu ini peluang untuk dakwah melalui internet.

“Misalnya kita membagikan quotes dawuhnya Mbah Sahal yang berbunyi wong pinter iku ake tetapi yang manfaat itu sedikit, hal itu sejalan sebagaimana dawuhnya Rasulullah SAW sebaik baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat,” tutupnya.

Penulis: Siti Maimunah Damayanti
Editor: M Faisol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *