Halal Bihalal Bersama Gus Yahya, Gus Ipong Sampaikan 3 Program PCNU

Pohjentrek, NU Pasuruan

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamakkin menyampaikan laporan perkembangan tiga Program Prioritas dalam kegiatan Silaturahmi dan Halal Bihalal bersama Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf, Kamis (19/05/2022).

Gus Ipong, memulai dengan menjelaskan sejarah pendirian perguruan tinggi yang digagas oleh PCNU. Pada tahun 1986, namanya Universitas Islam Pasuruan (UNIP). Kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin (STAIS).

“Menuju Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), atas saran Menteri Pendidikan, didirikanlah Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU). Insyaallah tahun ini menjadi UNU Pasuruan,” imbuhnya saat memberikan sambutan di Graha PCNU Kabupaten Pasuruan, Kecamatan Pohjentrek.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Pasuruan. Dengan harapan, RSNU dapat beroperasi saat 100 Tahun Nahdlatul Ulama mendatang.

“Alhamdulillah dengan bantuan baik dari Pemerintah Daerah ada suntikan 10 M dan dari Provinsi 15 M. Dari warga sendiri kita upayakan bisa mencapai 1 M,” tuturnya.

Adapun program yang ketiga, Ia menjelaskan tentang pendirian Numbas Mart. Sebuah toko grosir murah untuk toko klontong. Sehingga dapat melindungi dan mengembangkan usaha perekonomian masyarakat.

“Yang kita harapkan dalam program kedepan, NU benar-benar bisa maslahah bagi seluruhnya,” pungkas salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Besuk itu.

Turut hadir Wakil Rais Aam PBNU KH Anwar Iskandar, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua PBNU H Amin Said Husni, Bupati Pasuruan H M Irsyad Yusuf, Wakil Bupati Pasuruan KH A Mujib Imron, dan Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pasuruan.

Kemudian jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Bangil serta Ketua, Sekretaris Lembaga dan Banom tingkat Pengurus Cabang (PC).

Penulis: Fatmatul Jannah

Editor: M Faisol