Mahasiswa ITSNU Pasuruan Ajak Anak-Anak Pesisir Semangat Belajar Hingga Kuliah

Anak-anak di Dusun Kisik yang sedang mengikuti kegiatan Gemar Belajar KKNT ITSNU Pasuruan (Foto: Nupas/M Abu Bakar).

Kraton, NU Pasuruan
Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan yang tergabung dalam Kelompok 12 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) membantu peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung anak-anak pesisir di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Penanggung jawab kegiatan Maria Zulfa menjelaskan, kegiatan itu sebagai bentuk motivasi dan dukungan kepada anak-anak usia sekolah agar semangat belajar hingga melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

“Apalagi tingkat putus sekolah anak-anak relatif tinggi dikarenakan kebiasaan di wilayah pesisir yang mengharuskan untuk membantu orang tua melaut,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Kamis (10/02/2022).

Baca Juga :   Membaca Penanganan Covid-19 di Wuhan & United Kingdom, ITSNU-STAIS Pasuruan Gelar Webinar Bertajuk Pandemi & Agama

Ia juga mengungkapkan, ada cukup banyak anak dari kelas 6 Sekolah Dasar ternyata belum mampu membaca, menulis, dan menghitung dengan baik dan lancar.

“Kami menerapkan ability grouping. Anak-anak dikelompokkan berdasarkan kemampuan. Dengan kategori lambat, sedang, dan cepat,” tutur mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika itu.

Zulfa juga menambahkan, kegiatan itu dilaksanakan di tiga tempat. Di Posko KKNT, Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Darul Ulum 89, dan Taman Pendidikan al-Quran (TPQ) Nurul Huda.

Baca Juga :   Menuju Revolusi Industri 4.0, ITSNU PASURUAN Kembangkan Pembelajaran Online Bekerjasama dengan UT Jakarta

“Anak-anak sangat antusias. Semangat belajarnya. Kita sampai kewalahan. Tapi Alhamdulillah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala MINU Darul Ulum Farit Diyanto, berterima kasih atas inisiatif mahasiswa ITSNU Pasuruan dalam memotivasi anak-anak.

“Alhamdulillah. Dengan adanya kegiatan seperti ini semoga bisa membantu meningkatkan mutu belajar yang sifatnya berangsur dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Penulis: Muhammad Abu Bakar
Editor: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.