Cegah Stunting, Fatayat NU Sukorejo Edukasi Kader Ranting

Sukorejo, NU Pasuruan
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Sukorejo menggelar pertemuan rutin dalam bentuk kegiatan Seminar Kesehatan dengan topik upaya pencegahan dan penanganan stunting, bertempat di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, Jumat (14/01/2022).

Ketua PAC Fatayat Kecamatan Sukorejo Ustadzah Sri Kartini menyampaikan, bahwa kegiatan itu menjadi langkah awal fatayat dalam bersinergi bersama Pemerintah Daerah untuk mengurangi stunting.

“Kegiatan itu program kerja kami bidang peningkatan kesehatan yang dibutuhkan perempuan,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Sabtu (15/01/2022).

Ia berharap peserta seminar dapat menjadi pendamping di wilayah Pimpinan Ranting (PR) masing-masing dalam sosialisasi dan edukasi kepada ibu hamil dan ibu yang memiliki balita tentang stunting.

“Dengan demikian angka stunting bisa diminimalisir di Sukorejo,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Kepala Puskesmas Sukorejo Dokter Ella Sandra Iswari, menjelaskan penyebab terjadinya stunting. Faktor kesehatan diantaranya keterbatasan akses pada makanan bergizi, tidak mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI) eksklusif, dan tidak imunisasi lengkap.

“Untuk faktor non kesehatan seperti kurangnya akses pada air bersih dan penggunaan jamban sehat,” tuturnya saat menjadi pembicara dalam kegiatan itu.

Dirinya juga mengajak kepada perangkat NU lainnnya dalam sosialisasi, peningkatan kapasitas dan pendampingan dalam upaya penanganan dan pencegahan stunting.

“Yang harus dilakukan bersama-sama oleh semua pihak, terencana, dan berkesinambungan,” pungkas Sekretaris Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Kabupaten Pasuruan itu.

Penulis: Dewi khotimah
Editor: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *