Ada Peluang Ekspor Talas Beneng, LPPNU Pasuruan Gelar Studi Riset

Kraton, NU Pasuruan
Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan telah melaksanakan Studi Riset kepada CV Maju Unggas Jombang, Selasa (04/01/2022).

Ketua LPPNU PCNU Kabupaten Pasuruan Syamsul Maarif, menjelaskan tujuan kegiatan adalah untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan budi daya Bebek Potong dan Talas Beneng hingga strategi pemasarannya.

“Kami belajar teknis budi daya bibit unggul talas beneng hingga pasca panen dengan standar ekspor,” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Senin (10/01/2022).

Baca Juga :   Pupuk LPPNU Kabupaten Pasuruan Berhasil Tingkatkan Hasil Panen

Ia juga menyebutkan ragam kegunaan talas beneng. Diantaranya dapat diolah menjadi tepung non gluten hingga dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku kosmetik. Saat ini, Talas Beneng sudah masuk di Pasar Negara Belanda.

“Potensi pasar terbuka lebar. Dan para petani juga banyak yang berminat,” ujar Alumni Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan itu.

Dirinya bersama LPPNU sedang mempersiapkan draf kerja sama kaitannya dengan pasar ekspor Talas Beneng dan Bebek Potong. Selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan fasilitasi untuk para petani dan peternak di Kabupaten Pasuruan yang berminat budi daya Talas Beneng dan Bebek Potong.

Baca Juga :   Safari Ramadhan ke-7: KH. Muzakki Birrul Alim Ungkap Keberkahan Jamiyyah Nahdlatul Ulama

“Rencana juga akan kerja sama dengan Madoka, Koperasi yang dikelola oleh pengurus Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU), pungkas Pria yang aktif di Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Pasuruan itu.

Turut hadir dalam kegiatan itu Komisaris Utama CV Maju Unggas Jombang Nasrudin, perwakilan pengurus LPPNU, perwakilan peternak bebek dan petani talas beneng.

Penulis: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.