Penguatan Karakter Kolaborasi NU & Pemda, Guru: Terima Kasih Mengawal Anak-Anak

Kegiatan PPK di SMPN 2 Grati

Nguling, NU Pasuruan

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) kembali menyelenggarakan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Rabu dan Kamis (16-17/06/2021).

Kegiatan PPK dilaksanakan secara serentak di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se Kabupaten Pasuruan. Untuk peserta hanya kelas VII dan VIII.

Koordinator Pemateri, Ahmad Farid, menjelaskan tentang latarbelakang pentingnya pelaksanaan PPK itu. Bahwa dalam Era 4.0, pelajar perlu mendapatkan penguatan karakter religius, nasionalisme, integritas, dan kemandirian.

“Sehingga mereka memiliki imunitas dan daya tahan menghadapi serangan dampak negatif teknologi informasi,” imbuh Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut, Kamis (17/06/2021).

Baca Juga :   Deklarasi Areng-Areng: Teguhkan Sinergi PMII Pasuruan dengan Pesantren

Ia juga mengungkapkan adanya teknis pembukaan materi yang selalu diawali dengan bertawassul dan berdoa untuk para Kiai pejuang kemerdekaan dan dilakukan yel-yel kebangsaan.

“Ini agar siswa tahu bahwa antara agama dan nasionalisme saling menguatkan,” pungkas Alumni Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta itu.

Sedangkan Arifah, mengucapkan terima kasih sudah bersedia membantu untuk memperkuat karakter para pelajar.

“Terima kasih telah ikut serta mengawal karakter anak-anak kami,” tutur panitia dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Nguling itu.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Saiful Anam Chalim, menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan dan Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan. Kemudian panitia pelaksana, sekolah/madrasah penyelenggara, serta seluruh pemateri Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dari PCNU Kabupaten Pasuruan dan PCNU Bangil.

Baca Juga :   Meneguhkan Sanad Perjuangan, PCNU Kab. Pasuruan Ziarah Makam Kiai Nawawi Sidogiri

“Semoga membawa manfaa, barokah bagi penyelenggara, pemateri dan seluruh peserta,” pungkasnya. Untuk materi PPK meliputi materi pentingnya beribadah (ubudiyah), ahlussunnah wal jamaah (aswaja), serta Islam dan wawasan kebangsaan. Kegiatan PPK tersebut juga menjadi upaya persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka dalam masa pandemi covid-19 di Kabupaten Pasuruan.

Editor: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *