Jelang Idul Fitri & Kenaikan Isa Al-Masih, Tokoh Agama di Pasuruan Diminta Jaga Kerukunan

Gondang Wetan, NU Pasuruan
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pasuruan menyampaikan Himbauan dan Harapan kepada Tokoh Agama tentang pelaksanaan kegiatan Hari Besar Keagamaan masing-masing di masa pandemi Covid-19. Himbauan itu dibahas dan disepakati di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Selasa (11/5/2021).

Ketua FKUB Kabupaten Pasuruan KH Saiful Anam Chalim, menjelaskan latar belakang dikeluarkannya himbauan tersebut. Yakni untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

Baca Juga :   Ansor Ponjentrek Santuni 200 Duafa dan Janda

“Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan,” ujarnya kepada NU Pasuruan, Selasa (11/5/2021).

Lebih lanjut, himbauan itu sebagai bentuk meningkatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan selama berkegiatan keagamaan sebagai bagian dari menjalankan perintah agama.

“Islam misalnya, pelaksanaan syariat memiliki beberapa tujuan. Salah satunya adalah menjaga jiwa. Hifzun Nafs,” imbuh Alumni Pondok Pesantren Tebuireng Jombang itu.

Gus Saiful, menjelaskan beberapa poin dari himbauan itu. Bahwa ada hari yang bersamaan dalam pelaksanaan Hari Raya Keagamaan lintas agama tahun ini, seperti Hari Raya Idul Fitri dengan Peringatan Kenaikan Isa Al-Masih. Dalam pelaksanaannya agar mengedepankan kerukunan.

Baca Juga :   Jaring Siswa Madrasah Berprestasi, Ma'arif NU Pasuruan Gelar Kompetisi Mapel MIPA

“Semoga Pasuruan semakin harmonis dan maslahat,” pungkas Pria yang juga menjadi Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan tersebut.

Berikut teks lengkap Himbauan dan Harapan FKUB Kabupaten Pasuruan.

Editor: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *