13 Santri Putri Tahfidz Al-Quran Pesantren Ngalah Siap Diwisuda

Santri ngalah

Santri Ngalah

Purwosari, nupasuruan.or.id
Asrama H Pondok Pesantren Ngalah mengadakan ujian kelulusan bagi santri putri Tahfizul al-Qur’an, Minggu (21/3/2021).

KH. Kholid Murtadlo, selaku Pengasuh Asrama H Ponpes Ngalah, menjelaskan terkait ujian tersebut yang bertujuan untuk mengoreksi dan membenarkan hafalan al-Qur’an para santri sehingga sesuai dengan bacaan Masyayikh.

“Dengan harapan bacaan para santri benar dan tepat sesuai ilmu tajwid, tepat waqof washolnya, dan juga benar makhorijul khurufnya,” ujarnya kepada NU Pasuruan.

Baca Juga :   Peletakan Batu Pertama RSNU Pasuruan Jadi Kado Harlah NU ke-98

“Hasil ujian ini akan menentukan apakah santri tersebut bisa mengikuti Wisuda tahun 2021, yang insyaAllah dilaksanakan pada 28 Maret besok. Alhandulillah. Sebanyak 13 santri yang mengikuti, semuanya dinyatakan lulus,” imbuh pria yang juga menjadi Rektor Universitas Yudharta Pasuruan tersebut.

Gus Rektor, sapaan akrabnya, selain menjelaskan teknis ujian, bahwa peserta wajib khatam 30 juz dihadapan gurunya dan minimal 15 juz lancar dan benar dalam bacaannya, juga menyebutkan kegiatan rutin semaan al-Quran dari para santri yang telah lulus diwisuda.

Baca Juga :   LAZISNU Pasuruan, Ikut Bantu Korban Banjir Banyuwangi & Siap Sukseskan Gerakan Koin NU

“Setelah ujian ini lulus, ujian selanjutnya akan dilakukan rutin setiap bulan dalam kegiatan Sema’an al-Qur’an. Yang terwadahi dalam IKHFADNAH, Ikatan Khafidzo Pondok Ngalah,” pungkas pria yang pernah menjadi aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tersebut.

Kontributor: M. Dayat

Editor: M. Hilmi Masruri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *