Manfaatkan Limbah Plastik, Fatayat NU Pohjentrek Gelar Pelatihan

Pohjentrek, NU Kabupaten Pasuruan
Manfaatkan limbah plastik, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Pohjentrek menggelar kegiatan Pelatihan Pengelolahan Limbah Plastik di Balai Desa Sungi Wetan Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan, Sabtu (20/3/2021). Kegiatan pelatihan diikuti oleh Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU yang ada di Kecamatan Pohjentrek.

Lilik Yulidah, ketua PAC Fatayat NU Pohjentrek, selain menjelaskan bahwa kegiatan tersebut telah secara istikamah dilakukan setiap tahun oleh PAC Fatayat NU Pohjentrek, juga tentang pentingnya pemanfaatan sampah plastik.

“Sampah plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun agar dapat terurai. Dengan memanfaatkan sampah plastik, menjadi sebuah kerajinan, kegiatan pengolahan limbah plastik ini mampu meminimalisir jumlah sampah plastik yang ada di lingkungan masyarakat,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga :   Momentum 10 Muharram, 300 Anak Yatim di Sidogiri Dapat Santunan

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan keterampilan pengurus Fatayat NU, dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi sebuah kerajinan, yang kemudian kerajinan ini bisa digunakan hiasan dirumah sendiri, atau bisa juga dijadikan sebagai penghasilan tambahan keluarga,” pungkas erempuan kelahiran tahun 1976 tersebut.

Menurut Dina Madaniah, salah peserta pelatihan, selain begitu senang ketika mengikuti pelatihan, juga menjelaskan bahwa hanya berbekal bahan plastik yang sudah tidak terpakai, dapat menjadi sebuah kerajinan berbentuk bunga yang bisa digunakan sebagai hiasan di dalam rumah dan bernilai ekonomis.

Baca Juga :   Tiga Tahapan dalam Membaca Al-Quran

“Pelatihan ini seru. Harga bunga dari limbah plastik sekarang relatif mahal. Dengan adanya pelatihan ini, kita jadi bisa bikin sendiri di rumah untuk mempercantik sudut rumah dan meja tamu,” kesan perempuan yang pernah menjadi ketua PC IPPNU Kabupaten Pasuruan tersebut.

Kontributor: Wahyuni

Editor: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *