Hendak Melawan Radikalisasi, Matan Universitas Yudharta Pasuruan Gelar Kelas Literasi

Purwosari, NU Kabupaten Pasuruan

Pengurus Komisariat (PK) Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (MATAN) Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) menggelar Kelas Literasi Matan, Sabtu (13/3/2021). Kegiatan yang bertempat di Kantor Pengurus Cabang MATAN, Desa Kembang Kuning Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, dihadiri oleh calon penggerak literasi organisasi kemahasiswaan tersebut.

Menurut M. Fauzi Hidayatulloh, selaku Koordinator MATAN Menulis, bahwa kegiatan Gerakan Literasi Matan, yang selanjutnya disebut Gelita, adalah untuk mewadahi dan mengasah intelektual serta soft skill bidang menulis matan agar lebih progesif.

Baca Juga :   13 Santri Putri Tahfidz Al-Quran Pesantren Ngalah Siap Diwisuda

“Selanjutnya, agar terbentuk kader matan yang berbudi luhur bertaqwa dan siap memerangi radikalisasi dari melalui tulisan,” pungkas mahasiswa asal Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan tersebut.

Sementara itu, Makhfud Syawaludin, selaku pemateri, selain menjelaskan bahwa gerakan literasi diawali dengan banyak membaca, juga menegaskan bahwa kemampuan menulis secara teknis adalah keterampilan, sehingga semakin banyak menulis, akan semakin bagus tulisannya.

“Saya mengutip pesan KH. Ahmad Tohari, sastrawan NU, bahwa menulis adalah sebuah proses yang ada awalnya namun tidak ada akhirnya. Tambahan dari saya, itu kalau kita juga banyak membaca. Kalau tidak banyak membaca, pasti dengan sendirinya akan berhenti menulis,” ujar Pria yang juga menjadi Kontributor NU Online Jawa Timur tersebut.

Baca Juga :   Menuju Mahasiswa Santri, IPNU-IPPNU ITSNU-STAIS Pasuruan Ngaji Bareng Gus Haidar Hafeez

“Ada 5600 website radikal, sebagai pengurus matan, harus memberikan narasi alternatif, sekaligus membantu website keislaman yang moderat, seperti nu.or.id, arrahim.id, alif.id, islami.co, dan lain-lain,” pungkas Pimpinan Redaksi www.nupasuruan.or.id tersebut.

Kontributor: Dita Febrianti

Editor: Nuryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *