Makesta III PKPT IPNU-IPPNU Universitas Yudharta usung tema “Kader Bestari, Untuk NU Masa Depan”

Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) merupakan tahap kaderisasi tingkat pertama dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU). Artinya, untuk menjadi kader dari organisasi ini harus mengikuti kegiatan Makesta yang diadakan oleh pengurus IPNU-IPPNU.

Dalam perjalanannya, pada tahun 2020 ini. PKPT IPNU IPPNU Universitas Yudharta Pasuruan, mengadakan kegiatan Makesta ke-3. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari. Yaitu, pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 29-30 November 2020, bertempat di MA Miftahul Huda Desa Cendono Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan Makesta yang diadakan oleh PKPT IPNU-IPPNU Universitas Yudharta ini adalah “Kader Bestari, Untuk NU Masa Depan”.

Dengan mengangkat tema tersebut, panitia kegiatan dan pengurus organisasi tersebut berharap kepada kader-kader IPNU-IPPNU agar menjadi kader yang dapat berpikir secara luas dan berakhlakul karimah untuk kebaikan NU bersama.

“Bestari, sendiri mengandung kata berbudi luhur, sehingga kami berharap agar sifat luas dalam berpikir untuk kebaikan juga beriringan perilaku yang luhur (baik),” tutur Alvi Saidatus Saniyah Selaku Ketua Pelaksana.

Langkah pertama memperkenalkan organisasi NU dalam ranah pelajar ini pastinya mengundang pemateri yang diantaranya berasal dari Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, serta orang yang berpengaruh lainnya. Adapun Pemateri yang hadir dari Pimpinan Pusat yaitu Rekan Akil Nawawi, M.Pd, Sekjen LKPT PP IPNU. Beliau menyampaikan materi tentang Ke-PKPT-an. Sedangkan materi Ke-IPNU-an disampaikan oleh Rekan Iqbal Hamdan Habibi, Co. Kaderisasi PW IPNU JATIM.

Selanjutnya, materi-materi lainnya disampaikan oleh orang-orang yang berpengaruh di Pasuruan, diantaranya adalah Bapak Dr. Khoirul Huda, S.H,M.Hum, ketua LPBH NU sebagai pemateri Ke Indonesiaan. Ustadz Sulkhan Mahmudi, Pembina PKPT IPNU IPPNU Universitas Yudharta sebagai pemateri Amaliah NU. Bapak Abdul Karim, M.Si, Ketua PC GP Anshor Kabupaten Pasuruan sekaligus DPRD Kabupaten Pasuruan sebagai pemateri ke-organisasi-an. Agus Subadar, KORBID PCNU Kabupaten Pasuruan sebagai pemateri Aswaja. Rekan Nur Ali Farchan, Sekertaris PC IPNU Kabupaten Pasuruan sebagai pemateri Geopolitik dan disusul oleh Rekanita Dina Madaniah, Ketua PC IPPNU Kabupaten Pasuruan sebagai pemateri Ke-IPPNU-an.

Dalam mengikuti kegiatan Makesta ini, peserta kegiatan diharus bermalam dan wajib mengikuti seluruh runtutan acara yang telah diagendakan. Secara umum, agenda hari pertama. Yaitu pembahasan beberapa materi yang menanamkan nilai-nilai NU, serta IPNU- IPPNU yang dilaksanakan selama 8 jam. Dilanjut hari kedua, diisi dengan beberapa Games Ringan, Pentas Seni (pensi), Pemberian Nominasi Rekan dan Rekanita Terbaik dan diakhiri dengan Pembaiatan sebagai kader resmi IPNU- IPPNU Komisariat Perguruan Tinggi Universitas Yudharta Pasuruan yang dipimpin langsung oleh Rekan Imam Subondo, Ketua PC IPNU Kabupaten Pasuruan.

Kontributor: Nur Ali Farchan

Editor: Nuryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat