200 Pendekar Pagar Nusa Ikuti Latgab di Pantai Wisata Karang Hitam Lekok

Pagar Nahdlatul Ulama dan Bangsa (Pagar Nusa) merupakan Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) yang bertugas membentengi Kader dan kyai-kyai Nahdlatul Ulama (NU) serta Bangsa Indonesia dari segala bentuk yang merongrong kedaulatan Republik Indonesia dengan keterampilan khusus berupa pencak silat. Adapun pencak silat yang dipelajari tersebut merupakan hasil pengembangkan dan pelestarikan pencak silat warisan wali sanga.

Pagar Nusa ini juga tetap membuka keragaman dan memberi keluasaan pada tiap-tiap perguruan untuk mengembangkan diri sebagaiman kegiatan yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Pagar Nusa (PC Pagar Nusa) Kabupaten Pasuruan yaitu menggelar Latihan Gabungan (Latgab) di Pantai Wisata Karang Hitam Kecamatan Lekok, Jum’at (16/10/2020).

Latihan tersebut diikuti oleh sekitar 200 Kader Pagar Nusa yang berasal dari 5 (lima) Pimpinan Anak Cabang Pagar Nusa (PAC Pagar Nusa). Yaitu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gondang Wetan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Nguling, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lumbang, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Winongan, dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Puspo. Latgab juga tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menurut Kang Sugianto, salah-satu pelatih Pagar Nusa mengatakan bahwa latihan tersebut berguna untuk mensolidkan para Kader Pagar Nusa se-Kabupaten Pasuruan.

“Selain untuk tadabur alam, kegiatan ini kita gunakan sebagai ajang mempererat silaturahmi antar pendekar-pendekar Pagar Nusa,” ujar pelatih tersebut.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa dengan diadakannya Latihan Gabungan (Latgab) tersebut diharapkan para anggota lebih semangat lagi dalam mengikuti setiap latihan dan event yang diadakan oleh Pagar Nusa.

“Kami memang mempersiapkan kader-kader yang selalu siap, dalam acara ini kita hanya memiliki waktu seminggu saja,” imbuhnya kepada tim media nupasuruan.or.id.

Latihan Gabungan (Latgab) yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Pagar Nusa (PC Pagar Nusa) Kabupaten Pasuruan tersebut berjalan sangat meriah, pasalnya selain para pendekar Pagar Nusa banyak pula pengunjung pantai lainnya yang tertarik memusatkan perhatiannya terhadap kegiatan tersebut.

Kontributor: BAM Yusuf

Editor: Nuryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat