Rayakan Tradisi Bulan Suro, Ansor & Fatayat NU Nguling Sukses Tebar Suka Cita Bersama Yatama

Bulan Suro merupakan salah satu bulan yang dikeramatkan oleh orang Indonesia, khususnya masyarakat suku Jawa. Pasalnya, banyak ritual budaya kemasyarakatan yang dirayakan pada bulan pembuka dalam kalender Jawa ini. Sedangkan kalangan muslim menyebut bulan Suro dengan sebutan bulan Muharram ialah bulan yang penuh dengan berkah dan kebahagiaan, terlebih bagi anak yatim piatu dan dluafa, dimana pada bulan ini disunahkan untuk mengasihi dan menyantuni anak-anak yatim-piatu.


Seperti halnya anak-anak yatim-piatu, di masa pandemi ini banyak dari golongan masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, Nahdlatul Ulama (NU) melalui Badan Otonom (Banom) yang bergerak di bawahnya tak pernah berhenti untuk membantu warga masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Dalam hal ini, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda ANSOR (PAC GP ANSOR) dan Fatayat NU Nguling menggelar acara Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H, bertajuk Santunan Anak Yatim-Piatu, Sabtu (12/92020).


Acara tersebut digelar di Lapangan Desa Watuprapat Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Dihadiri oleh puluhan Anak yatim-piatu yang berasal dari beberapa Ranting di Kecamatan Nguling Wajah manis penuh keceriaan mewarnai acara yang penuh suka-cita tersebut.


Dalam santunan ini turut hadir pula FORKOMPIMKA Nguling, Anggota Komisi VIII DPR RI, Gus Hilmy Anggota DPRD Jatim, Ketua PC Fatayat Kabupaten Pasuruan, pengurus PC LAZISNU Kabupaten Pasuruan dan PC GP ANSOR Kabupaten Pasuruan.

Menurut Maria Ulfa, Ketua PAC Fatayat NU Nguling, menyatakan bahwa acara yang baru pertama kali diadakan bersama GP ANSOR ini berjalan dengan lancar dan sukses.


“Kami sangat tidak menyangka acara yang pada awalnya terjadi tarik ulur ini, berjalan sangat sukses. Bahkan kami tidak menyangka akan hal tersebut,” kata Sahabat Ulfa.


Senada dengan yang disampaikan oleh Ketua PAC Fatayat NU Nguling tersebut, Sahabat Hanafi, Ketua PAC GP ANSOR Nguling mengatakan acara ini sangat baik dan tidak mengecewakan serta mengungkap pula bahwa kesuksesan acara tersebut tak lepas dari peran donatur juga antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat sekitar.


“Kami hanya dapat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya acara ini. Dan semoga acara di tahun depan dapat berjalan lebih sukses lagi serta wabah Corona ini segera dihilangkan oleh Allah SWT,” imbuh Ketua PAC GP ANSOR Nguling pada media.


Dalam sambutannya, Nanik Asnawati, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Pasurun, sangat mengapresiasi bentuk kerjasama yang apik antara Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda ANSOR (PAC GP ANSOR) dan Fatayat NU Kecamatan Nguling.


“Kami di Pimpinan Cabang sangat mendukung kegiatan sosial seperti ini, karena Banom NU harus tetap bergerak, peduli sesama terutama dalam masa Pandemi Covid 19,” ujar Neng Nanik, sapaan akrab Ketua PC FATAYAT NU Kabupaten Pasuruan yang sekaligus majlis pengasuh Pondok pesantren Terpadu Al Yasini ini.


Di akhir sambutannya, Ning Nanik yang juga sebagai Ibu Wakil Bupati Pasuruan ini, tak lupa mengingatkan dan mengajak agar Sahabat Fatayat NU dan Sahabat ANSOR ikut membantu pembiasaan 4 M. Yakni, Memakai Masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, dan Menjauhi kerumunan. Hal itu dilakukan agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Kontributor: BAM Yusuf

Editor: Nuryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat