Agar Selamat dari Godaan Setan, Lakukan Dua Hal Ini

Sebagaimana diketahui bahwa setan telah bersumpah untuk menggoda dan menjerumuskan manusia menuju neraka. Sedangkan arah yang digunakan setan untuk menggoda manusia meliputi depan, belakang, kanan, dan kiri.

Penjelasan ini disampaikan KH Nu’man Abdul Majid sembari menyitir surat al-A’raf ayat 16 dan 17. Kedua ayat tersebut terjemahnya adalah: Iblis menjawab, karena Engkau (Allah SWT) telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka (manusia) dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka.  Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).

Materi tersebut disampaikan KH Nu’man Abdul Majid dalam acara PC LP Maárif NU Kabupaten Pasuruan di Aula KH Ahmad Jufri Graha Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, kawasan Ponjentrek, Sabtu (15/8).

Dalam pandangan Pengasuh Pondok Pesantren Tampung Rejoso Pasuruan tersebut, bahwa terdapat dua arah yang tidak bisa ditembus oleh setan dalam menggoda dan menjerumuskan manusia kepada kemasiatan. Yakni dari atas dan bawah.

“Setan tidak bisa menggoda dari arah atas dan dari arah bawah. Kenapa? Arah atas adalah jalur malaikat dan jalur berdoa kepada Allah. Sedangkan jalur bawah adalah jalur untuk bersujud kepada Allah,” katanya ketika menjelaskan Washiyyatul Musthafa, kitab yang berisi kumpulan nasihat Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib RA.

Dengan demikian, dirinya mengajak jamaah yang memadati aula kantor untuk memiliki kepekaan dan menyadari akan hal tersebut. Sehingga, untuk dapat selamat dari godaan setan harus memahami hal ini.

“Maka, agar terhindar dari godaan setan, mari memperbanyak berdoa dan bersujud kepada Allah,” pungkasnya.

Kontributor: Mahmud

Editor: makhfud syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat