Jaga Tradisi & Identitas Masjid NU, LTM PCNU Kab. Pasuruan dan Bangil Siapkan 1700 Piagam

Dalam upaya memberikan apresiasi dan memperkuat identitas Masjid Nahdliyin, Pengurus Cabang Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Pasuruan melaunching Piagam Masjid Nahdliyin. Sebanyak 1200 Piagam untuk wilayah LTM PCNU Kabupaten Pasuruan dan 500 Piagam untuk wilayah LTM PCNU Bangil telah disiapkan.

“Sebagai penguat identitas lembaga yang selama ini dengan istiqoma dan konsisten mengamalkan, melestarikan sekaligus mengembangkan Ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah An-Nahdliyah, ujar Ust. Mundir selaku LTM PCNU Kabupaten Pasuruan di sela-sela kegiatan tersebut, pada Rabu (12/8/2020) di Graha PCNU Kabupaten Pasuruan.

Adapun dalam penyerahan Piagam Masjid Nahdliyin dilakukan secara simbolis diberikan kepada 5 Masjid, dilakukan oleh KH. A. Mujib Imron, SH., MH., selaku Wakil Bupati Pasuruan dan didampingi oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, serta Ketua Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Pasuruan dan Bangil.

Lebih lanjut, Ust. Mundir juga menjelaskan bahwa tujuan dari labelisasi Masjid dalam bentuk Piagam Masjid Nahdliyin tersebut.

Pertama. Memperjelas dan mempertegas keberadaan Masjid dalam naungan Nahdlatul Ulama (NU) dibawah pembinaan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) agar eksistentinya tidak Mutasyabbihat.

Kedua. Sebagai upaya antisipasi dan preventif dalam rangka membentengi gerakan kelompok kelompok yang berseberangan dengan NU yang seringkali mengintervensi kegiatan dan kepengurusan masjid bahkan tidak sedikit yang mencaplok masjid secara kelembagaan.

Kontributor: Roib Santoso

Editor: Nuryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat