Cegah Kasus Baru di Pesantren, PCNU Kab. Pasuruan Bentuk Sub-Satgas COVID-19 di Ponpes & MWCNU

Adanya kasus baru COVID-19 di lingkungan salah satu Pondok Pesantren di Jawa Timur, PCNU Kabupaten Pasuruan akan membentuk Sub-Gugus Tugas Penanganan COVID-19 untuk Pondok Pesantren dan Gugus Tugas di tingkat MWCNU sebagai langkah percepatan dalam antisipasi dan penanganan COVID-19 di Pondok Pesantren.

“Kita perlu antisipasi agar tidak sampai ada kasus baru COVID-19 di Pondok Pesantren di Pasuruan, mengingat sebagian besar santri sudah balik ke pondok pesantren dan bahkan ada beberapa yang telah memulai proses belajar mengajar,” ujar KH. Imron Mutamakkin selaku Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan dengan nada khawatir saat membuka Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan COVID-19 di Ruangan Syuriah PCNU kabupaten Pasuruan, Ahad Malam (12/7/2020).

Lebih lanjut, Gus Ipong, sapaan akrabnya, mendorong agar Gugus Tugas COVID-19 PCNU Kabupaten Pasuruan melalui Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan harus membentuk Sub-Gugus Tugas untuk penanganan COVID-19 di lingkungan Pondok Pesantren.

“Kita harapkan ada kerjasama antara Satgas Covid-19 PCNU bersama Gugus Tugas dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan terutama di tingkatan Pesantren.”

Selain itu, Ia juga menegaskan agar dalam waktu dekat dilakukan pembentukan Gugus Tugas di tingkat MWCNU.

“Sehingga dalam setiap kegiatan NU hingga ditingkatan Ranting, dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas edukasi dalam penerapan protokol kesehatan,” pungkas salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Besuk tersebut.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh ketua PCNU Kabupaten, Koordinator Tim Satgas COVID-19 PCNU Kabupaten Pasuruan, selain akan segera menindaklanjutinya dengan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Pasuruan, juga sudah menjadwalkan kegiatan sosialisasi penanganan COVID-19 di Pesantren-Pesantren.

“Dalam Waktu dekat ini, Tim satgas akan melakukan sosialisasi kepada beberapa Pondok Pesantren di Kabupaten Pasuruan sesuai dengan anjuran dari Ketua PCNU kabupaten Pasuruan” ungkap KH. Saiful Anam Halim, Sekretaris PCNU kabupaten Pasuruan.

Kontributor: BAM Yusuf

Editor: Nuryanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat