Meneguhkan Sanad Perjuangan, PCNU Kab. Pasuruan Ziarah Makam Kiai Nawawi Sidogiri

Momentum Harlah NU ke-97, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan beberapa kegiatan. Salah-satunya adalah kegiatan Ziarah Muassis NU. Rute pertama, ziarah ke makam Kiai Nawawi Sidogiri.

Menurut KH. Imron Mutamakkin, selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pasuruan, kita harus terus meneruskan pesan Kiai Nawawi Sidogiri ketika Beliau bersedia menjadi pengurus NU saat diminta oleh Mbah Hasyim Asy’ari melalui KH. Ridlwan Abdullah, Pencipta Lambang NU.

“Mari kita meneguhkan sanad perjuangan kita sebagaimana Kiai Nawawi Sidogiri ketika bersedia menjadi pengurus NU dengan satu syarat, bahwa pengurus NU harus bersedia “urunan” dalam menjalankan roda organisasi,” ungkapnya disela-sela menuju Makam Kiai Nawawi Sidogiri, Pasuruan, Kamis (5/3/2020).

“Maka, kemadirian organisasi kita harus kuat. Mari kita juga sukseskan Koin Muktamar NU,” pungkas salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Besuk Pasuruan tersebut.

Untuk pembacaan Yasin dan Tahlil dipimpin oleh KH. Makshum Hasyim sedamgkan doa dipimpin oleh KH. Abdullah Muhsin. Adapun rute lengkap ziarah diawali dari Sidogiri, Bangkalan, dan terakhir ke Jombang.

“Alhamdulillah, sudah selesai ke makam Kiai Nawawi Sidogiri. Setelah ini, kami akan ke Mbah Kholil Bangkalan. Terakhir, ke Mbah Hasyim Asy’ari di Jombang,” ujar Akhmad Farid, selaku Ketua Rombongan Ziarah Muassis NU, PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut.

Foto: Di depan gedung pondok pesantren Sidogiri, Pasuruan
Foto: Di depan gedung pondok pesantren Sidogiri, Pasuruan

Kegiatan ziarah muassis NU tersebut diikuti oleh jajaran pengurus PCNU, perwakilan Lembaga dan Banom NU tingkat cabang, serta perwakilan MWCNU se-PCNU Kabupaten Pasuruan.

Kontributor: Abdul Qohar

Editor: Makhfud Syawaludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat