Peduli Kekeringan, PCNU Kab. Pasuruan Bantu Air Bersih ke Desa

Kabupaten Pasuruan sedang mengalami musim kemarau panjang. Tahun ini cukup parah, sehingga mengakibatkan beberapa wilayah di kabupaten pasuruan mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Diantaranya wilayah kecamatan Lumbang, Pasrepan, lekok dan Kejayan.

Atas dasar persaudaraan dan rasa tanggung jawab moral kepada sesama umat, pada hari Ahad, 27 Oktober 2019, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan melalui NU CARE LAZISNU merespon hal tersebut dengan mendistribusikan Bantuan Air Bersih, khususnya di wilayah kecamatan lumbang, yang mengalami kekeringan paling parah.

Menurut Ust. Munir selaku Ketua MWCNU kecamatan Lumbang, tercatat 14 titik di kecamatan Lumbang yang sangat sulit mendapatkan Air. Masyarakat sudah biasa bertayamum, namun mengeluhkan kekurangan air bersih untuk minum.

“Kalau untuk keperluan ibadah kita masih bisa tayamum, tapi jika rasa haus melanda, apa bisa hilang dengan tayamum?” pungkas Ust. Munir dengan nada serius.

Sampai hari ini, NU CARE LAZISNU Kabupaten Pasuruan sudah 3 kali melakukan pengiriman Air, itu masih sangat jauh untuk mencukupi kebutuhan warga, oleh karena itu kami berharap kepada semua elemen masyarakat, baik pemerintah, anggota dewan serta para dermawan agar bisa membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan Air bersih untuk kebutuhan sehari hari.

Menurut Agus H. Muhammad Nawawi, selaku Ketua PC LAZISNU Kabupaten Pasuruan, akan terus membantu meringankan bencana kekeringan hingga musim hujan.

“Dan mohon Doa nya, Insya Allah pendistribusian Air Bersih dari PCNU akan terus dilakukan secara bertahap dan bergilir sampai musim kemarau berakhir,” pungkasnya. (Nawawi/Makhfud).

Dokumentasi kegiatan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *