600-an Santri Ikut Kirab & Apel Hari Santri 2019 di Grogol Gondangwetan

Hari santri merupakan hari perayaan atas perjuangan para Santri untuk kemerdekaan Indonesia. Dalam peringatan tersebut berbagai event dan kreasi oleh santri. Mulai dari berbaris, kirab, perlombaan hingga pembuatan Film.

Ahad (27/10), ratusan santri desa Grogol mengadakan Kirab dan Apel Santri. Kegiatan tersebut di ikuti oleh sekitar 600-an Santri dari tujuh lembaga di wilayah desa Grogol. Selain itu, beberapa Banom NU juga ikut meramaikan acara tersebut, diantaranya dari IPNU, IPPNU, MUSLIMAT hingga ANSOR Ranting Grogol.

Acara yang diselenggarakan pada malam hari tersebut, diawali dengan kirab oncor (obor api) para Santri. Para warga antusias melihat giat tersebut. Mereka sangat mendukung kegiatan yang dipusatkan di halaman balai desa Grogol kecamatan Gondangwetan tersebut.

”Acara ini kami adakan agar para santri khususnya desa Grogol dapat memahami bagaimana perjuangan para santri terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan,” ujar salah satu panitia.

Acara tersebut dilanjutkan dengan Apel Santri. Para santri sangat bersemangat mengikuti apel tersebut. Terutama saat menyanyikan lagu Mars Subbanul Wathon karangan KH. A. Wahab Hasbullah. Seluruh peserta dengan kompak dan semarak menyanyikannya hingga membuat kagum para undangan yang diantaranya FORKOMPIMKA kecamatan Gondangwetan.

Dalam Sambutannya, Ustad Zuhdi selaku inspektur apel perpesan agar santri selalu manut dan tidak melupakan jasa para Ulama walaupun kelak santri tersebut jadi pengusaha sukses atau jadi pejabat.

”Jadi apapun, santri harus tetap manut pada kyai, walaupun nanti jadi tentara atau jadi menteri. Jangan sampai melupakan jasa para guru dan para kyai,” ujar Ustad Zuhdi yang juga menjadi mudin desa Grogol tersebut. (Bamy/Pod).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *