Pameran dalam Rakornas 3 Lesbumi, Perkuat Kecintaan Terhadap Kesenian Nusantara

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 3 Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdhatul Ulama (LESBUMI NU) digelar di Taman Candra Wilwatikta Pasuruan sejak Rabu kemarin (03/07/2019). Salah satu rangkaian kegiatannya adalah Pameran Gelar Budaya Nusantara. Seperti keris, topeng, dan lukisan.

Awaluddin GD Mualif, ketua Lesbumi PWNU Daerah Istimewa Yogjakarta, berharap pameran seniman dan budayawan muslim Indonesia tersebut, dapat dilihat dan memberikan makna yang mendalam bagi masyarakat.

“Ketika orang itu sudah dapat memahami maksud dan tujuan secara implisit karya seni rupa yang disajikan, maka akan tegak keislaman di dalam dirinya dan lurus hanya kepada Allah SWT serta bisa memahami Islam bernafas lokalitas di bumi nusantara yang beragam suku, ras, budaya, dan agama,” kesannya dalam kegiatan yang bertema Meneguhkan Islam Nusantara di Era Milenial” tersebut.

“Dengan begitu, akan menjadi Muslim yang benar-benar siap menjaga warisan leluhur nusantara dan keutuhan NKRI,” imbuhnya.

Kegiatan Rakornas 3 tersebut dihadiri oleh 64 perwakilan lesbumi kab/kota di seluruh Indonesia. Selain itu, masyarakat secara umum antusias mengunjungi kegiatan Rakornas tersebut dikarekan ada kegiatan Gelar Budaya Nusantara tersebut.

Salah satu pengunjung berfoto di lokasi pameran

“Rakornas kali ini juga lebih ramai daripada yang sebelumnya baik dari peserta rakornas sendiri atau masyarakat setempat yang hadir, karena mungkin pagelaran seni yang dihadirkan bisa dinikmati oleh siapapun, dan harapannya konsepan dan manfaat dari acara ini terus berlanjut,” pungkas Cak Udin, sapaan akrabnya. (Fahri/Makhfud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *