Safari Ramadhan 2019, KH. Maksum Hasyim: NU Mengurus Agama & Negara

KH. Maksum Hasyim, wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, menegaskan kembali bahwa NU tidak hanya mengurus agama tetapi juga mengurus Negara.

“NU itu organisasi sing ngurusi Agomo Yo ngurusi Negoro,” tegasnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Safari Ramadhan 2019 hari ke-18 PCNU Kabupaten Pasuruan, Jum’at, 17 Mei 2019/13 Ramadhan 1440 di Masjid Baiturrohman, Martopuro MWCNU Purwosari Pasuruan.

“NU Istiqomah dalam mempertahankan NKRI, karena NU berprinsip bahwa NKRI adalah Harga Mati,” pungkas Pengasuh Pondok Pesantren Darul Khoirot Gerongan Kecamatan Kraton tersebut.

Lebih lanjut, KH. Muzakki Birrul Alim selaku Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pasuruan, menjelaskan pentingnya sinergi antara ulama dan umara’.

“Dengan bersinergi dapat membangun dan menjaga peradaban di Indonesia bahkan dunia,” ujarnya saat memberikan ceramah dalam kegiatan tersebut.

Kiai Muzakki, sapaan akrabnya, juga mengingatkan untuk terus meningkatkan amaliyah ubudiyah di bulan Ramadan.

“Ramadhan, mari dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah, seperti yang paling sederhana, yakni sholat qobliyah dan ba’diyah,” pungkas Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatulloh Tampung Desa Kalirejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan tersebut.

Adapun susunan kegiatan Safari Ramadhan 2019 PCNU Kabupaten Pasuruan dimulai dengan sholat tarawih bersama dilanjutkan Khotmil Qur’an. Setelah itu sambutan-sambutan oleh ketua MWCNU Purwosari yang diwakili Ust. Abdul Karim, M.Si., Sambutan Camat Purwosari yakni Eka wara Brehaspati, dan sambutan PCNU kabupaten Pasuruan ditutup ceramah agama dari Rais Syuriyah. (Subhani/Makhfud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *