KH. M. Sholeh Bahruddin: Dimana ada kelebihan, disitulah ada kekurangan

KH. M. Sholeh Bahruddin, pengasuh Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Kabupaten Pasuruan, kembali menegaskan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu, sesama manusia harus saling tolong menolong.

“Tidak ada manusia yang sempurna. Semua punya kekurangan,” ujarnya saat memberikan Mauidhotul Hasanah dalam kegiatan Seninan, di Masjid Aminah Kompleks Pondok Pesantren Ngalah Purwosari, Senin (21/1/2019).

“Dimana ada kelebihan, disitulah ada kekurangan. Sehinggo saling ngelengkapi. Sehinggo saling membutuhkan,” imbuh Pembina Yayasan Darut Taqwa tersebut.

Romo Kiai Sholeh, sapaan akrabnya, juga berharap agar kita semua untuk lebih mendahulukan melihat kelebihan seseorang dari pada melihat kekurangannya.

Lek seng digolek i elek, yo mesti onok, wong seng digoleki elek. Lek seng digolek i apik yo mesti onok, wong seng digoleki apik (Apabila yang dicari kejelekannya, pasti ada, karena yang dicari kejelekannya. Apabila yang dicari kelebihannya, pasti ada, karena yang dicari kelebebihannya),” jelas Kiai yang disebut sebagai Kiai Multikultural dalam Disertasi Dr. M. Anang Sholikhuddin tersebut. (Makhfud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *