Perdana & Sukses, Forum Darusan PMII Pasuruan Teguhkan Sinergi dengan Pesantren

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Pasuruan angkat tema “PMII dan Pesantren” dalam acara rutinan perdananya yang disebut Dakwah Rutin Santri Pergerakan (DARUSAN), Jum’at (16/11) di STAI Al Yasini Pasuruan.

Kegiatan yang dikemas dengan dialog terbuka tersebut dihadiri oleh 2 (dua) pembicara dari Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini yang diwakili oleh Ir. Moch. Irham Zuhdi, M.Pd., dan Aktivis PMII yakni Mohammad Subadar.

Sementara itu, puluhan peserta dari beberapa komisariat dan rayon se-Pasuruan menghadiri acara tersebut dengan antusias.

Akhmad Afiful Karim Zain selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa tema dialog PMII dan Pesantren sengaja diangkat karena beberapa alasan antara lainnya merupakan misi prioritas kepengurusan cabang masa khidmat 2018-2019.

“Selain itu, dilihat dari letak geografis Pasuruan merupakan kota santri yang memiliki ribuan pesantren, oleh karenanya PMII Pasuruan harus turut andil dan terlibat dalam mengembangkan pendidikan berbasis pesantren” tambahnya.

Kajian rutin ini merupakan rancangan program dari bidang keagamaan yang akan dilaksanakan sebulan sekali. Dan akan dilaksanakan secara bergiliran di komisariat se-Pasuruan.

“PMII memiliki sejarah menarik dengan pesantren. Lahirnya PMII juga dipromotori oleh kader muda Nahdlatul Ulama yang lahir dari rahim pesantren. Dan semoga kegiatan ini mengingatkan kita, bahwa PMII dan Pesantren adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Keduanya memiliki unsur tujuan yang sama, yakni mendakwahkan Islam ahlussunah wal jama’ah” pungkas kader PMII asal komisariat Ngalah tersebut. (Yaqin/Makhfud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *