Istiqomah, LPBI NU Pasuruan jadi Fasilitator Pembentukan Desa Tangguh Bencana BPBD Pasuruan

Sejak tahun 2015 Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama kabupaten Pasuruan dipercaya oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pasuruan sebagai fasilitator dalam pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana).

Sudah terbentuk 7 Destana di desa/kelurahan se-kabupaten Pasuruan. Dan saat ini, LPBI masih konsentrasi pembentukan Destana di desa Kedungringin kecamatan Beji, sejak Maret hingga Desember 2018 mendatang.

Menurut Aris Felani selaku Pengurus LPBI NU kabupaten Pasuruan, Destana menjadi langkah kongkrit dalam rangka menurunkan indeks resiko bencana yang melibatkan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

“Semakin banyak Destana yang terbentuk, maka semakin banyak pula masyarakat yang saling bekerjasama dalam membangun sebuah komunitas yang siap dan tangguh menghadapi bencana”. ujarnya kepada wartawan nupasuruan.or.id (29/9/2018).

Ia juga menuturkan bahwa ada 20 indikator dalam pembentukan Destana ini. Diantaranya pembuatan kajian resiko dan peta resiko bencana serta membentuk relawan dan forum pengurangan resiko bencana desa (FPRB).

“Dengan adanya Destana tersebut, masyarakat diharapkan memahami dan menyadari bahwa mereka tinggal di kawasan rawan bencana yang sewaktu-waktu dapat terkena dari bencana tersebut” imbuhnya. (Yaqin/Makhfud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *